Thursday, July 22, 2010

Cara Memberi Pertolongan Pertama Pada Korban Luka Bakar

Berita tentang kebakaran tampaknya tidak ada habisnya, bahkan kalau dihitung setiap hari dapat dipastikan ada kebakaran.

Kebakaran yang terjadi kadang menimbulkan korban jiwa, mereka biasanya mengalami luka bakar. Seandainya anda ada di sebuah lokasi kebakaran dan menolong seorang korban apa yang anda lakukan untuk menolong orang teresebut. Padahal dia mengalami luka bakar.


Kalau masih bingung? ini ada beberapa tips pertolongan atau penanganan pertama pada korban luka bakar yang diberikan oleh dokter spesialis bedah plastik Aditya Wardhana dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. dikutip dari Kompas.

  1. Jauhkan dari Sumber Panas
  2. Jangan diolesi cairan seperti odol, minyak goreng, kecap ataupun minyak tanah, karena hal ini malah akan memperdalam luka bakar.
  3. Buka keran air lalu alirkan air tersebut ke arah bagian tubuh yang terkena luka bakar kurang lebih selama 10-20 menit, dengan melakukan ini maka akan menurunkan suhu panas yang diakibatkan luka bakar itu.

Tapi seandainya luka bakar yang dialami serius seperti terkena  ledakan gas elpiji, ini memerlukan penanganan yang khusus untuk itu anda harus melakukan :


  1. Buka Baju Korban
  2. Lepaskan cincin, gelang atau apapun yang melekat pada diri korban, kemudian selimuti korban dengan selimut bersih
  3. Segera dibawa ke rumah sakit

Sedangkan hal yang dilarang ketika menangani luka bakar adalah memakai air es atau es batu dan berendam di dalam bak mandi untuk mendinginkan luka bakar. Hal ini malah akan memperdalam luka bakar yang diderita oleh korban.

0 comments:

Post a Comment