Wednesday, July 21, 2010

Teknik Membaca Buku Yang Benar

Membaca buku ternyata ada tekniknya, tidak sekedar membaca saja karena berapa coba kemampuan mengingat anda tentang buku yang ada baca sebelumnya. Berapa banyak buku yang sudah Anda baca hingga saat ini? Cobalah ingat kembali, bisakah semua informasi yang Anda baca bisa diingat?


Pasti sulit, karena itu ada cara agar otak kita bisa terlatih untuk mengingat. Hal ini dijelaskan dalam buku berjudul Big Brain BigMoney yang merupakan buku dari Tom Martin Charles Ifle, Pakar Hipnoterapi. Menurut buku ini ada beberapa cara yang bisa diterapkan saat membaca buku, Cara ini merupakan metode self hypnotheraphy.


  1. Setelah memilih buku apa yang Anda baca, bayangkan garis besar apa yang akan dijelaskan dalam buku itu.
  2. Jangan lupa siapkan alat tulis. Ini bisa membantu anda untuk mengingat informasi lebih lama.
  3. Tuliskan apa yang Anda inginkan dari buku itu. Apakah ingin menyelesaikan masalah Anda, Jika ya, tulislah keinginan untuk membantu memhami pesan dari buku yang anda pilih. Misal, " Saya ingin meningkakan kualitas pikiran". Hal ini akan membantu otak anda akan fokus dan mulai merekam pesan dari buku tersebut.
  4. Sebelum membaca, coba pejamkan mata Anda, tarik nafas dalam-dalam dan rilekskan otot mata anda. Lalu katakan dalam hati anda akan membaca buku tersebut dalam lima menit, dan yakinkan diri Anda bahwa buku tersebut bisa meningkatkan kualitas pikiran Anda. Ini berarti Anda disuruh mengajak diri Anda sendiri untuk mengajak mencapai tujuan yang diinginkan dan sudah dituliskan sebelumnya.
  5. Dengan otot mata yang rileks, mulailah membaca dan pastikan posisi duduk tegak saat membaca dan berusahalah menikmati kegiatan ini.
  6. Setelah lima menit pertama, berhenti membaca. Coba tuliskan garis besar isi buku itu. Dengan cara ini akan melatih Anda untuk berimajinasis secara dramatis.
  7. Tinggalkan catatan kecil Anda dan kembalilah membaca. Di sela membaca catatlah ide penting yang Anda temukan dan beri garis bawah pada setiap ide yang anda anggap penting. Jika tidak ingin buku anda kotor maka sering-seringlah mencatat ide penting itu. Atau bisa juga halaman buku itu diberi tanda khusus.
  8. Ketika selesai membaca, tutup buku dan pejamkan mata kemudian tarik nafas dalam-dalam sebanyak tiga kali. Pikiran yang rileks akan memusatkan fokus perhatian pada pengalaman membaca Anda dan melatih otak merekam informasi, dengan bantuan catatan kecil yang Anda buat sendiri di setiap tahapan membaca.

Kedelapan teknik membaca buku yang benar ini dikutip dari Kompas Female mudah-mudahan bermanfaat bagi anda untuk lebih baik dalam mengingat apa yang anda baca. Selamat mencoba

0 comments:

Post a Comment