Wednesday, July 21, 2010

Alasan Kenapa Perokok Tampak Lebih Tua

Salah satu dampak dari merokok adalah membuat penghisap rokok terlihat lebih tua. Loh kok bisa?

Menurut sebuah studi yang dimuat oleh Jurnal British Medical Association perokok memiliki wajah 5 kali lebih tua dari umur sebenarnya.

Kerutan pada wajah merupakan penanda kerentanan terhadap dampak asap rokok. Rokok memang memiliki filer tetapi tidak cukup untuk menghilangkan kandungan tar yang membuat  asap rokok berbahaya.


Ditambah lagi bahan kimia yang terkandung didalamnya, disamping berbahaya bagi tubuh juga menyebabkan kerutan-kerutan di wajah penghisapnya.

Seperti dilansir dari Health24 dan dikutip dari detikhealth bahan-bahan kimia yang terdapat pada rokok yang dapat memicu kerutan dan membuat orang lebih tua :

1. Amonia
Bahan kimia ini biasanya digunakan untuk membersihkan jendela dan toilet. Dengan ditambahkannya amonia ke dalam rokok maka nikotin dalam bentuk uap akan diserap melalui paru-paru lebih cepat. Ini pada akhirnya  membuat otak mendapatkan dosis nikotin lebih tinggi.

2. Kadmium
Bahan ini digunakan untuk baterai, lapisan logam dan plastik. Kadmium membahaykan paru-paru, menyebabkan penyakit ginjal dan mengiritasi pencernaan.

3. Benzena
Bahan ini secara alami diproduksi oleh gunung api. Tapi Benzena ini juga terbuat dari batubara dan minyak. biasanya digunakan untuk membuat plastik, deterjen dan pestisida.

4. Formaldehida
Sering digunakan sebagai perekat kayu dan sebagai pengawet beberapa cat. Bahan ini dapat menyebabkan mata berair, reaksi rasa panas di mata, hidung dan tenggorokan, mual, batuk, sesak dada, sesak napas, ruam kulit dan alergi.

5. Nikel
Nikel atau perak ini dapat menyebabkan peningkatan kerentanan terhadap infeksi paru-paru, bronkitis kronis dan berkurangnya fungsi paru-paru.

6. Timbal
Biasanya digunakan untuk amunisi, atap, bensin, cat dan produk keramik.  Bahan ini mempengaruhi segala organ dalam tubuh. Bahkan berpengaruh pada bayi anda sehingga mengakibatkan kelahiran prematur, bayi kecil , penurunan kemampuan mental dan kesulitan belajar serta mengurangi pertumbuhan pada anak-anak.

7. Aseton
Aseton ini merupakan produk buangan dari asap kendaraan, asap rokok dan zat yang banyak dihasilkan di lokasi pembuangan sampah. Bahan ini dapat menyebabkan iritasi hidung, tenggorokan, paru-paru , mata, sakit kepala, kebingungan, denyut nadi meningkat, mual, muntah, pingsan dan mungkin koma.

8. Piridin
Bahan ini terbuat dari batubara mentah. Campuran piridin dalam rokok dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, mempercepat denyut nadi dan napas cepat dan tersengal-sengal.

Bahan kimia diatas sangat mempengaruhi tubuh anda, yang paling terlihat adalah pada kulit karena peredaran darah terhambat dan kurangnya cairan dalam tubuh.

Disamping itu asap rokok mengandung karbondioksida yang akan mengganti oksigen dalam kulit anda. Sehingga mengurangi aliran darah, membuat kulit kering, dan berubah warna serta merusak kandungan vitamin C padahal Vitamin C ini membantu melindungi dan memperbaiki kulit.

Bagaimana masih berfikir untuk merokok, jika ya? siap-siap aja wajah anda akan lebih tua dari teman seusia anda yang tidak merokok. Oke Semoga Bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment