Monday, December 6, 2010

Satu Sentuhan Mobil Berubah Jadi Helikopter

Inovasi Kendaraan Lapis Baja bisa terbang akan segera terwujud, dan bukan hanya di film maupun mainan saja. Dalam waktu dekat akan diciptakan sebuah Mobil lapis baja yang dengan satu sentuhan berubah menjadi Helikopter.

Rencananya program pembuatan mobil lapis baja yang berubah jadi Helikopter dibuat oleh Terrafugia ini prototipenya akan selesai pada tahun 2015. Untuk mewujudkannya Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) di Pentagon akan menginvestasikan uang senilai 41 juta pounds.

Untuk melindungi kendaraan ini dari tembakan maupun ledakan IED dan misil, digunakan bahan Komposit. Dab jendaraan ini nanti bisa menempuh jarak sekitar 280 mil baik di darat maupun di laut. sedangkan laju kendaraan mencapai 65 mph di darat dan terbang hingga lebih dari 150 mph.

Untuk pilot tidak diperlukan yang harus lihai karena kendaraan ini ketika berubah menjadi helikopter dilengkapi dengan kontrol terbang otomatis.

Kendaraan lapis baja ini nantinya akan dinamakan Transformer atau  TX yang akan membantu tentara AS yang berada di garis depan di Afghanistan.

2 comments: