Friday, December 31, 2010

10 Penemuan Sains Terbaik Dunia Tahun 2010

Di tahun 2010 ini banyak ilmuwan yang melakukan riset dari berbagai hal dan mereka berhasil menemukan hal-hal baru yang belum diketahui oleh banyak orang. Dan penemuan-penemuan tersebut di kumpulkan di pilihlah 10 penemuan sains terbaik sepanjang tahun 2010 yang dipublikasikan oleh Majalah Times.

Dari 10 Penemuan sains terbaik dunia di tahun 2010 itu yang paling membanggakan adalah terdapat satu penemuan yan merupakan keberhasilan dari ilmuwan asal Indonesia.

Berikut ini 10 Penemuan Sains Terbaik Dunia tahun 2010 dikutip dari kompas.
1. Dinosaurus Bertanduk
Dinosaurus bertanduk ditemukan di bulan september tahun ini di Utah, Amerika Serikat dan dinamakan Kosmoceratops. Sebenarnya Dinosaurus ini sudah ditemukan sejak tahun 2007 tapi ilmuwan baru bisa mengidentifikasi tahun ini.

Dinosaurus ini mampu mencapai berat 2500 kg dan yang lebih unik lagi mempunyai 15 tanduk di kepalanya. diduga dinosaurus ini hidup76 juta tahun yang lalu.

2. Muons dan Pembentukan Alam Semesta 
Perbedaan antara jumlah materi dan anti materi yang dihasilkan sebelum big bang haruslah berbeda untuk terciptanya alam semesta. Perbedaan itu dulunya hanya mungkin dalam teori saja. Tapi di tahun 2010 ini sebuah percobaan di Fermilab menemukan bahwa muons (partikel sub atomik seperti elektron) yang dihaislkan memiliki kelebihan 1% anti muons. Perbedaan yang hanya 1% memang tidak terlalu banyak tapi itu cukup untuk memacu terciptanya semesta.

3. Bulan Lebih Basah Daripada Sahara
Di tahun ini ada hal yang mengejutkan dunia dengan adanya penemuan air dibulan. Tepatnya air tersebut ditemukan di kutub selatan bulan. Bahkan yang lebih mengejutkan lagi air yang ditemukan 50% lebih banyak dari yang di harapkan.

Misi yang dilakukan oleh LCROSS ini berhasil menemukan air tersebut dalam bentuk es bercampur dengan materi lain. Menurut para Peneliti, es tersebut bisa di olah menjadi air murni. Dengan penemuan ini akan bisa menghemat biaya pendaratan di bulan karena tidak perlu membawa air lagi.


4. Piramid Mexico Teotihuacan.
Piramid Mexico Teotihuacan yang diteliti oleh para arkeolog ternyata terdapat koridor selebar 12 kaki lengkap dengan bagian atapnya. Penemuan ini diharapkan mampu mengarahkan ke pemakaman para pemimpin agama dalam perabadan Mexico.

5. Gen Penyebab Penuaan
Gen TERC merupakan gen yang menyebabkan penuaan lebih dini, dan baru ditemukan tahun ini. orang yangmembawa gen ini akan kelihatan lebih tua dibandingkan dengan orang yang berumur 3-4 tahun lebih tua.

6.  Planet Ekstra Surya.
Ini adalah penemuan yang membanggakan rakyat Indonesia karena ditemukan oleh orang Indonesia asli bernama Johny Setiawan.  Dia menemukan Planet HIP 13044b yang merupakan planet ekstra surya atau planet di luar tata surya tapi masuk ke galaksi Bima Sakti.

Penemuan planet ekstra surya lainnya adalah adanya 7 planet yang mengorbit pada bintang HD 10180. Dan yang paling memukau adalah Gliese 581g, karena planet ini mengorbit bintangnya pada jarak yang tak terlalu panas atau dingin seperti bumi mengorbit matahari.


7. Metamerial.
Profesor Martin McCall dan imperial College London menemukan bahwa Metamaterial yang dibuat dikatakan bisa "mengaduk" aliran energi elektromagnetik. Cahaya yang melewati metamerial tersebut akan terhambur secara tidak merata membentuk gap antara ruang dan waktu.


8. Fosil Autralopithecus sediba. 
Fosil Autralopithecus sediba merupakan sebuah spesies manusia purba di wilayah Malapa, Afrika selatan. Fosil itu di duga dari masa 2 juta tahun yang lalu. Menurut para palaentolog fosil tersebut berkaitan dengan fosil manusia purba Homo Erectus yang kemudian berkembang menjadi Homo Sapens atau modern. Dengan penemuan ini bisa melengkapi data evolusi manusia.

9. Ununseptium
Para ilmuwan di Dubna, Rusia menemukan unsur ke 117 yang merupakan kombinasi antara isotop berkelium dan kalsium. Unsur in ibisa menunjukkan island of stability dimana unsur terberat bisa bertahan selama berbulan-bulan.

10. Rahasia Kucing Menyeruput Susu.
Kelihatannya ini hal yang sederhana tapi kenyataannya ditahun 2010 ini baru ditemukan rahasia kucing menyeruput susu.  Para ilmuwan dari Massachusetss institute or Technology (MIT), Virginia Tech dan Princeton University yang telah menemukan rahasia tersebut. Rahasia ada pada lidah, ketika kucing akan minum lidahnya menjulur terlebih dahulu membentuk huruf J.

Dengan kemampuan itu kucing tak harus memasukkan seluruh lidah ke wadah susu. Bentuk huruf J ini memungkinkan terbentuknya lajur susu di antara lidah yang bergerak dengan permukaan cairan. Jadi ketika mulut kucing tertutup susu tidak membasahi dagu.

0 comments:

Post a Comment