Sunday, December 12, 2010

Bangganya Aku, Batik Bisa Mendunia

Batik tidak bisa dipisahkan dengan Indonesia, karena UNESCO telah menetapkan Batik sebagai warisan dunia yang berasal dari Indonesia. Tahu gak kalian, bahwa orang luar sana banyak yang suka menggunakan batik.

Ternyata tak di sangka di luar sana banyak yang suka memakai batik, dan mereka mengaku sangat senang dengan batik. Tapi sayangnya banyak yang tidak tahu kalau batik itu berasal dari Indonesia.

Kesukaan orang asing terhadap batik ini telihat ketika adanya pertemuan KTT (COP) ke-16 perubahan iklim di Cancun, Meksiko.

Salah seorang delegasi dari Kiribati, yang bernama Ben mengungkapkan kesukaannya terhadap batik, "Batik sangat bagus dan saya suka memakainya. Bahkan ketika pertama kali mengenakan batik dan pergi ke kantor saya, banyak teman yang memuji baju batik saya,"

Seperti itulah kata dari orang asing yang sangat suka dengan batik tapi sayang Ben ternyata tidak tahu kalau batik itu buatan asli Indonesia. Padahal dia orang penting loh, sayang banget kan?

Tak beda dengan Ben,  Beatrice Naca yang berasal dari Meksiko juga mengaku sangat suka dengan batik. Menurutnya batik itu indah dan penuh warna. Tapi kata sayang terpaksa keluar lagi, dia tidak tahu kalau batik berasal dari Indonesia.

Kecintaan orang asing terhadap batik ini harus menjadi perhatian serius karena mereka tidak tahu batik itu berasal dari mana. Pemerintah perlu lebih mempromosikan batik, biar orang asing tidak hanya memakai saja tetapi juga mengetahui bahwa batik berasal dari Indonesia. Gimana setuju apa gak?

0 comments:

Post a Comment