Thursday, December 2, 2010

7 Rahasia Remaja yang Disembunyikan dari Orang tuanya

Remaja sekarang memang di penuhi dengan pergaulan yang sangat mengkhawatirkan, lihat saja data di Jabodetabek yang menunjukkan bahwa 50 % remaja telah kehilangan keperawanannya. Hal ini sebenarnya tidak perlu terjadi seandainya ada peran orang tua yang mengarahkan anaknya. Tapi kendalanya kadang ada hal-hal tertentu yang disembunyaikan para remaja dari orang tuanya. Lalu apa saja sih sebenarnya yang disembunyikan remaja dari orang tuanya?

Dari sebuah survei yang diambil dari the Shine, ada 7 Rahasia yang disembunyikan remaja dari orang tuanya.

1. Anak Ingin Privasi
Meski memiliki kamar tersendiri, tapi anda sebagai orang tua jangan sampai melanggar batas-batas dengan mengontrol kehidupan anak anda. Walaupun anda curiga dengan hal-hal buruk yang dilakukannya. Nah ketika anda melihat sesuatu yang aneh pada anak anda, barulah bertanya tentang hal itu.

2. Perasaan Ingin Didengarkan
Para remaja sebernarnya ingin didengarkan perasaannya oleh orang tua, baik itu tentang kegiatan  maupun mengenai pelajaran di Sekolah. Jangan sampai anak anda tidak peduli dengan itu.

3. Anak Anda sudah Berpacaran
Salah satu yang banyak disembunyikan oleh remaja adalah ketika dia sudah berpacaran dan takut akan medapat masalah. Ketimbang membuatnya kencan secara sembunyi-sembunyi alangkah baiknya biarkan ia menjalaninya tapi masih dibawah pengawasan anda.

4. Mendapatkan Nilai Jelek
Nilai jelek memang jadi hal yang memalukan jika di ketahui orang tua, dan pasti anak juga takut melaporkan ha itu ke orang tua karena pasti takut dimarahi. Nah saat inilah orang tua harus bijak, yaitu dengan memberikan penegasan bahwa nilai jelek bukanlah akhir segalanya, dan memberikan semangat agar dia bisa memperoleh nilai yang bagus.

5. Anak anda tak akan berbicara soal seks
Remaja tak akan berbicara secara terbuka mengenai seks terutama jika orang tua menghakiminya dan malah membuat mereka melakukannya secara sembunyi-sembunyi. Alangkah baiknya anda sebagai orang tua membicarakan secara terbukan mengenai bahaya seks bebas, hamil di usia muda dan dampaknya terhadap masa depan.

6. Anak Berbohong Agar Tak Mendapat Masalah
Untuk menghindari masalah banyak anak remaja yang berbohong pada orang tuanya. Jadi seandainya anak ana melanggar aturan jam malam jangan langsung dibentak apalagi cuma melalui telepon. Sebaiknya anda tunggu sampai pagi dan baru tanyakan kenapa dia pulang telat tadi malam.

7. Ingin Dipercaya
Perlu diingat anak remaja juga perlu di percaya, jika ia terus-menerus di salahkan maka tidak mungkin dia malah akan melakukan penentangan dan membuat mereka bosa disalahkan terus sehingga pada akhirnya melahirkan masalah yang berkepanjangan.

Sumber : Tribunnews

0 comments:

Post a Comment