Saturday, December 11, 2010

Fosil Bangau Raksasa Ditemukan di Flores

 Fosil bangau raksasa dengan tinggi sekitar 180 cm di temukan di Flores. Fosil ini berada dikawasan yang sama dengan penemuan fosil spesies manusia cebol, homo floresiensis yang hidup hingga sekitar 17 ribu tahun lalu.

Fosil ini sangat timpang dengan manusia yang hidup pada saat itu, homo floresiensis merupakan manusia purba yang sangat pendek yaitu hanya mempunyai tinggi 90 cm. dan manusia cebol ini merupakan manusia purba yang paling dekat dengan manusia modern.

Bangau ini oleh para ahli diberi nama Leptoptilos robustus. Bangau ini juga merupakan terbesar dengan tinggi mencapai 180 cm dan berat 16 kilogram.

Pada saat itu Bangau dan manusia flores tinggal di pulau yang sama dan diperkirakan bangau ini mengganggu kehidupan manusia cebol yang hidup saat itu.

Fosil Bangau yang ditemukan diperkirakan berusia antara 20 hingga 50 ribu tahun yang lalu, makluk ini punah sekitar 15 ribu tahun yang lalu, diperkirakan karena perubahan dari kering menjadi basah. Menurut Hanneke Meijer salah satu penemu fosil bangau ini mengatakan bahwa, perubahan iklim dari kering ke basah kemungkinan besar yang menyebabkan sejumlah spesies di pulau tersebut menjadi punah.

sumber : Vivanews

0 comments:

Post a Comment