Friday, September 3, 2010

Kata Hawking : Bumi Bukan Ciptaan Tuhan

Kata Hawking Ilmuwan Kondang yang mengalami kelumpuhan, Bumi bukanlah ciptaan Tuhan, hal ini karena ada hukum seperti gravitasi, alam semesta bisa dan akan menciptakan dirinya sendiri.


Teori kontroversial ini di tulis Stephen Hawking dalam buku terbarunya "The Grand Design," yang diluncurkan di toko-toko buku pekan depan. "Tidak perlu melibatkan Tuhan untuk menyalakan kertas biru dan menggerakkan alam semesta," tulis Hawking dalam ringkasan bukunya yang dimuat di harian Inggris, The Times.

Hawking memperjelas, "Karena ada hukum seperti gravitasi, alam semesta bisa dan akan menciptakan dirinya sendiri,"

Tulisan Hawking dalam buku barunya ini terbilang mencengangkan dan tampak bertolak belakang dengan karya dia sebelumnya maupun berdasarkan pemaparan ilmuwan lain.

Ilmuwan lain seperti Albert Einstein, pada dasarnya tidak mengesampingkan keterlibatan suatu unsur yang lebih tinggi ketika berhubungan dengan penciptaan alam semesta. Bahkan dalam buku sebelumnya, "A Brief History of Time," Hawking pun tidak mengesampingkan kemungkinan itu.

Sang pencipta teori gravitasi, Newton pernah mengatakan bahwa penjelasan ilmiahnya itu hanya bisa menerangkan perilaku jagat raya, bukan pada penciptanya. "Gravitasi menjelaskan pergerakan planet-planet, namun tidak bisa menjelaskan siapa yang menggerakkan planet-planet itu," tulis Newton. Vivanews

0 comments:

Post a Comment