Wednesday, September 1, 2010

4 Negara Yang Akan Membela Malaysia Jika RI Menyerang

Perang dengan Malaysia memang bukan solusi yang baik bagi Indonesia, karena kedua belah pihak pasti akan dirugikan. Tapi jika tidak ada pilihan lain dan benar-benar terjadi perang maka Indonesia harus bersiap-siap menghadapi 4 Negara yang mendukung Malaysia.


Menurut Peneliti Puslit Kemasyarakatan dan Kebudayaan (PMB) LIPI dan The Indonesian Institute, Jaleswari Pramodhawardani mengatakan bahwa Malaysia adalah anggota aliansi Five Power Defence Arrangements (FPDA) bersama dengan Singapura, Selandia Baru, Australia, dan Inggris.

Jadi jika terjadi serangan Indonesia ke Malaysia maka 4 negara yaitu Singapura, Selandia Baru, Australia dan Inggris selaku anggota dari FPDA akan membantu Malaysia melawan Indonesia. Dan jika mereka tergabung maka kekuatan Militer mereka yang modern bisa mengancam Indonesia.

Walaupun Perang memang tidak hanya berdasarkan kekuatan militer yang modern,  tetapi juga diperlukan adanya unsur lain yaitu kepemimpinan, strategi, jumlah pasukan dan kondisi psikologis prajurit.

Kita nantikan saja bagaimana perkembangan selanjutnya, jika benar-benar terjadi perang maka kemungkinan perang akan meluas ke negara lain.

0 comments:

Post a Comment