Friday, September 3, 2010

Situs Presiden RI Diserang Cyber 3 Juta Kali Sehari

Setelah ada ketegangan antara Indonesia dan Malaysia, Situs resmi Presiden Republik Indonesia mendapat serangan cyber sebanyak 3 juta kali dalam sehari. Untungnya serangan itu masih bisa diatasi. Apakah berarti serangan ini merupakan titik awal Cyber war antara Indonesia dan Malaysia.

Kementerian Kominfo mengungkapkan perihal serangan cyber terhadap situs presiden yang terjadi sebanyak 3 juta kali dalam sehari, ketika dia ditanyai tentang fenomena perang cyber sejak terjadi konflik antara Indonesia dan Malaysia. Ia menegaskan Indonesia tidak menginginkan perang cyber memanas dan lebih menginginkan terjadinya diplomasi yang  baik untuk menjaga hubungan antarnegara.

Menurut Tifatul, serangan cyber ini tidak hanya berasal dari Malaysia, tapi juga dari negara lain. Untung saja Kita mempunyai ID-SIRTII (Lembaga pengawas internet Indonesia) untuk mengantisipasi jika terhadap serangan terhadap situs-situs Indonesia.

Perang cyber memang sangat berbahaya setidaknya hal ini pernah terjadi pada negara Estonia yang diserang Cyber Rusia hingga lumpuh total.

Lebih lanjut Tifatul mengatakan bahwa Indonesia akan mengantisipasi segala bentuk penyerangan Cyber. Dan menurutnya sudah biasa jika dalam kasus seperti ini (Indonesia Vs Malaysia) banyak bermunculan situs-situs yang menghina Indonesia.

0 comments:

Post a Comment