Tuesday, June 29, 2010

Ini Dia Pemimpin Negara Pertama Yang Menikah Sesama Jenis

Perdana Menteri Islandia, Johanna Sigurdardottir akhirnya meresmikan hubungan dengan kekasihnya yang juga merupakan seorang perempuan bernama Jonina Leosdottir. Pernikahan sesama jenis ini menjadikan Sigurdardottir sebagai pemimpin negara pertama yang melaksanakan pernikahan sesama jenis.


Hubungan dua sejoli ini sudah berlangsung selama bertahun-tahun, perempuan yang dinikahi oleh Perdana Menteri Islandia ini bernama Leosdottir. Dia berprofesi sebagai penulis. Pernikahan diantara mereka dilegalkan secara hukum dan dirayakan melalui kebaktian digereja, tanpa pesta meriah.

Kantor PM Islandia, Senin 28 juni 2010 menyatakan bahwa pernikahan tersebut dilangsungkan pada Minggu, 27 Juni 2010, bertepatan dengan mulai berlakunya peraturan hukum baru mengenai pernikahan sesama jenis di Islandia, sekaligus bertepatan dengan peringatan hari inernasional hak-hak homoseksual.

Kantor PM mengatakan bahwa PM mengirimkan pesan agar warga Islandia merayakan hukum baru yang memperbolehkan pernikahan sejenis.

Pihak gereja Lutheran di Islandia yang selama ini menolak hukum baru ini akhirnya mendukung walaupun tidak terang-terangan. Vivanews

0 comments:

Post a Comment