Wednesday, January 5, 2011

Hebat.. Anak 10 Tahun Temukan Supernova


Seorang gadis yang baru berumur 10 tahun berasal dari Kanada, menemukan sebuah supernova atau bintang yang meledak. Hal ini disampaikan oleh Asosiasi Astronomi Royal Kanada (RASC) minggu lalu.

Kathryn Aurora Gray adalah gadis yang berasal dari Fredericton di provinsi timur New Brunswick. Dia adalah gadis yang beruntung karena dia berhasil menemukan Supernova atau bintang yang meledak. Kejadian ini bermula ketika Minggu lalu sewaktu dia menyisir hasil pencitraan konstelasi bintang secara teleskopik di galaksi yang sangat jauh.

Tiba-tiba dia melihat supernova 2010lt di rasi bintang Camelopardalis di galaksi yang berjarak 240 tahun cahaya dari bumi. Dia langsung memberitahu ayahnya yang juga seorang ahli astronomi.

Penemuan itu langsung dibuktikan oleh dua ahli astronomi Amerika Serikat dan ternyata penemuan tersebut terbukti dan akhirnya diberitahukan kepada Badan Pusat Gabungan Astronomi Internasional bagi Telegram Astronomi.

RASC pun akhirnya mengumumkan penemuan sebuah Supernova oleh gadis amatir berumur 10 tahun sehingga dia menjadi orang termuda yang berhasil menemukan supernova.

dikutip dari Kompas, Supernova adalah sebuah bintang raksasa yang kehabisan bahan bakar dan hancur akibat beban dari gravitasinya sendiri dan menjadi objek yang sangat padat yang dikenal dengan bintang neutron. Kemudian mereka mengeluarkan gelombang kejut yang meledakkan bintang yang menghasilkan lingkaran radiasi yang bergetar.

sumber : Kompas

0 comments:

Post a Comment