Tuesday, January 18, 2011

Awas.. Jangan Tidur dengan Lampu Menyala, Berbahaya!!

Lampu menyala ketika tidur pasti sudah biasa anda lakukan, tahukah anda bahwa ternyata menyalakan lampu ketika tidur sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Karena lampu menyala ketika tidur bisa meningkatkan resiko diabetes tipe2.

Tak hanya menghemat tagihan listrik, mematikan lampu ketika tidur ternyata juga bermanfaat sekali bagi kesehatan terutama untuk menghindari resiko terkena diabetes tipe 2. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Gooley ahli kesehatan dari Harvard Medical School di Boston, bahwa eksperimen yang dia lakukan 5 hari berturut-turut yang melibatkan 116 partisipan berusia 18-30 tahun.

Yang kemudian dibagi menjadi 2 kelompok, 1 kelompok di tempatkan di ruangan yang terang benderang selama 8 jam sebelum tidur dan kelompok yang lain di tempatkan di ruangan yang lebih redup dengan waktu yang sama.

Dari hasil penelitian tersebut di dapat bahwa hormon melatonin turun 50 persen pada partisipan yang berada di ruangan terang. Padahal hormon ini mengatur siklus antara tidur dan bangun bahkan tak hanya itu melatonin juga berhubungan dengan beberapa jenis penyakit serius, karena reseptor melatonin ini ternyata meningkatkan resiko kanker dan diabetes tipe 2 jika aktivitasnya berkurang.

Hal ini akan lebih terasa jika seseorang itu bekerja di malam hari kemudian tidur di siang hari karena dia akan terus terpapar oleh cahaya. 

0 comments:

Post a Comment