Monday, November 15, 2010

Udang Tertua Di Dunia Ditemukan di Daratan, Kok Bisa ya?

Aneh, Udang tertua di dunia malah di temukan di daratan bukannya di pantai atau laut. Tepatnya udang tertua di dunia ini ditemukan di daratan Oklahoma, Amerika Serikat.


Udang ini ditemukan dalam keadaan yang sangat baik meskipun ada beberapa bagian otot yang sudah diawetkan. Seperti dilansir Foxnews, peneliti telah mempelajari sedikit potongan dari hewan dari zaman yang dipercaya sudah terawetkan sejak 360 tahun lalu.


Yang jadi pertanyaan sekarang, kenapa udang itu bisa didaratan. Pertanyaan ini dijawa oleh Rodney Feldman, Profesor dari Kent State University, Ohio, karena pada masanya, kota Oklahoma merupakan sebuah hamparan laut.

Posisi Oklahoma ketika itu diperkirakan sangat jauh dari permukaan laut. Bahkan, Oklahoma itu diperkirakan merupakan salah satu bagian dari laut dalam. Wuih... tidak bisa terbayangkan.

Jutaan tahun yang lalu menurut Badan Geografi Amerika, ada sebuah benua kecil bernama Laramida. Benua ini membanjiri area Amerika Utara dan mengisolasi kawasan timur dan barat negara itu selama jutaan tahun. kondisi ini berlangsung pada masa periode akhir zaman kapur.

Udang tertua di dunia sebelumnya ditemukan di Madigascar yang memiliki panjang sekitar 3 inchi, ditemukan oleh peneliti dari Ohio University.

0 comments:

Post a Comment