Wednesday, November 10, 2010

Ini Dia Kesepakatan SBY-Obama

Presiden SBY dan Presiden Barack Obama telah bertemu dan melakukan pembicaraan bilateral antara kedua negara. Kedua pimpinan negara ini akhirnya memperoleh beberapa kesepakatan.


Pembicaraan yang dilakukan Presiden SBY dan Barack Obama, akhirnya menghasilkan beberapa kesepakatan penting bagi kedua negara. Berikut ini kesepakatan antara SBY dan Barack Obama :


 1. Perdagangan
Peningkatan di bidang perdagangan di tingkatkan secara signifikan, menurut SBY Amerika merupakan salah satu mitra dagang dan investasi yang sangat penting bagi Indonesia. Saat ini Amerika adalah mitra dagang Indonesia nomor tiga dengan capaian US$21 miliar pada 2008 dan investor nomor tiga untuk Indonesia. dikutip dari Vivanews.

2. Energi
Kedua pimpinan negara sepakat untuk meningkatkan hubungan dibidang energi terutama kerjasama energi yang ramah lingkungan. Saat ini Indonesia memiliki geothermal dengan deposit yang tinggi, yang siap untuk dikembangkan dengan Amerika.

3. Lingkungan Hidup
Indonesia berkomitmen mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 26 persen.

4. Pendidikan
Amerika telah membantu Indonesia dalam bidang pendidikan dengan membantu U$160 juta.

5. Keamanan Nasional
Indonesia dan Amerika sepakat untuk fokus pada pemberantasan teroris di Indonesia.

6. Perdamaian Palestina - Israel
Pembicaraan Internasional Indonesia dan Amerika menyinggung soal solusi perdamaian Palestina dan Israel. Amerika Sepakat Kemerdekaan Palestina yang sedianya dapat di bangun dan hidup berdampingan dengan Israel. Disamping itu mereka juga membicarakan perihal demokrasi yang terjadi di Myanmar.

0 comments:

Post a Comment