Sunday, November 7, 2010

Sms Gempa dan Letusan Sabtu, 6/11/10 Jam 8 - 12 Malam, Ternyata Palsu

Sabtu 6/11/2010 kemarin beredar kabar akan ada gempa dan letusan besar merapi. Sms itu beredar luas di Cawas, Klaten. Kebetulan saya juga berada di Cawas yang merupakan rumah Istriku.Aku ke Cawas karena saat itu tepatnya di Desa Kangukan beberapa rumah terendam banjir termasuk rumah mertuaku. Menurut kabar banjir itu di akibatkan oleh tanggul yang jebol .

Disaat banjir telah surut, tiba-tiba ada beberapa tetangga yang mengabarkan bahwa akan ada gempa dan letusan besar Merapi pada hari Sabtu 6/11/2010, tepatnya pada jam 8 - 12 malam.Kontan saja para warga yang pernah merasakan gempa pada 2006 yang lalu trauma dan termasuk saya pun juga takut.


Warga yang resah dengan kabar itu, akhirnya berjaga-jaga untuk mengantisipasi jika hal itu benar-benar terjadi. Bahkan ada juga yang mempersiapkan tenda diluar rumah.

Setelah dinanti selama beberapa jam dan waktu telah melewati pukul 12.00 malam ternyata tak ada gempa yang terjadi. setelah di usut, menurut salah satu warga Isu adanya gempa tersebut berasal dari sebuah sms yang di sebarkan secara beruntun.

Dan setelah aku lihat di Detiknews terdapat berita bahwa BMKG Imbau Masyarakat untuk tidak mempercayai SMS akan adanya gempa tersebut dan ternyata kami baru sadar bahwa kami tertipu dengan sms yang beredar tersebut.

Dikutip dari Detiknews, BMKG menyatakan bahwa isu tersebut tidak benar dan menyesatkan. Tidak ada pegawai BMKG yang pernah menyatakan akan terjadinya suatu gempa bumi besar ke depan dan tidak akan pernah, karena gempa saat ini belum bisa diprediksi kapan akan terjadi.

0 comments:

Post a Comment