Monday, November 1, 2010

Ini Dia Ciri-Ciri Demo Bayaran

Anda pasti sering melihat demo, pastinya terutama di layar tv anda. Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya sebagian dari demo-demo tersebut ternyata ada yang bukan demo murni alias demo bayaran? kalau belum tahu ini dia ciri-ciri Demo Bayaran.


Demo yang dilakukan secara murni merupakan sebuah aksi demo yang dilakukan oleh sekelompok orang yang berlandaskan ideologi tertentu atau untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan untuk Demo Bayaran bisa ditafsirkan sebagai bentuk aksi yang dilakukan demi mendapat upah, meski tidak paham dengan materi substansi demo tersebut.

Lalu bagaimana kita bisa membedakannya?


Berikut ini ciri-ciri demo bayaran menurut Ronald salah seorang makelar demo yang telah menggeluti profesinya ini selama dua tahun,
  • Lihat jumlah massanya, berapa jumlahnya, 
  • Siapa saja yang datang  di situ, 
  • Lihat gerak-geriknya, antusiaskah? Aktif dan pahamkah dengan isinya?Kalau tidak jelas berarti itu demo bayaran.

Jumlah demo bayaran biasanya sedikit yaitu berkisar antara 50-100 orang, Jika anda melihat hal ini, mudah ditebak ini adalah demo itu bayaran.

Dia menambahkan, ciri khas pendemo bayaran dapat dilihat saat melakukan aksi. Indikatornya terlihat pada fokus perhatian dan kualitas orasi dari para demonstran. Kalau terlihat ekspresif dan seperti ogah-ogahan pasti kecenderungannya mereka hanya ikut-ikutan.

Lebih lanjut dia menjelaskan untuk menggelar aksi demo terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Rumusan materi apa yang menjadi tuntutan, siapa dan tempat yang akan kita datangi untuk berorasi, serta perangkat vital yakni kelompok massa berikut atribut demo seperti spanduk, speaker dan lainnya.

Okezone

0 comments:

Post a Comment