Sunday, November 28, 2010

Rumah Bung Karno Laku Rp. 35 Miliar

Rumah Presiden RI pertama Bung Karno yang sempat di sengketakan antara pemerintah kota Blitar dan Ahli Waris, yaitu kakak Bung Karno Ny Soekarmini Wardojo. Kini telah jelas, karena Rumah Bung karno Terjual Rp. 35 Miliar. Yang membeli tak lain adalah Pemerintah Kota Blitar dan Provinsi Jawa Timur.


Rumah yang bertempat di Jl. Sultan Agung, Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan dibeli dengan harga yang fantastis Rp. 35 miliar. Dana itu 25 miliar diambil dari APBD Pemprov Jatim dan Rp.10 miliar dari APBD Pemkot Blitar.


Penjualan itu melalui tawar menawar yang sangat alot, pertama kali harga di buka oleh Ahli waris Ny Soekarmini Wardojo Rp. 50 miliar. Namun, akhirnya disepakati dengan harga Rp. 35 Miliar.

Sejak awal memang pihak keluarga bersikukuh untuk menjual rumah tersebut. Tapi karena harganya terlalu tinggi pihak Pemerintah Blitar tidak bisa membelinya. Untung saja pihak keluarga mau menerima harga Rp. 35 mliar.

Pihak pemkot Blitar memang ingin menjadikan rumah tersebut sebagai cagar budaya dan nantinya akan dijadikan paket wisata bersama dengan makam Bung karno.

Seandainya pembelian itu tidak berhasil dilaksanakan oleh Pemkot Blitar, kemungkinan besar terancam dimiliki oleh pihak asing yang nyatanya memang sangat tertarik dengan rumah tersebut.

0 comments:

Post a Comment