Tuesday, August 31, 2010

Hati-Hati! Mimisan Bisa Jadi Gejala Penyakit

Pernahkah anda atau anak anda mimisan? mulai sekarang harus berhati-hati, karena bisa jadi gejala penyakit.

Mimisan menurut dr. Kishore R.J., SpA dari RSIA Hermina Podomoro, adalah adanya pendarahan pada hidung yang disebabkan oleh kelainan pada pembuluh darah di hidung.


Biasanya mimisan ini merupakan bawaan dari lahir dan dimulai pada umur 2 tahun, tapi sering terjadi pada umur 4 sampai 5 tahun. Mimisan karena bawaan ini akan hilang sendiri saat usia sudah menginjak umur 10 atau 12 tahun.

Tapi ternyata mimisan itu ada yang bukan merupakan bawaan dari lahir, ada beberapa indikasi bahwa mimisan itu merupakan gejala dari penyakit. Biasanya mimisan itu bisa juga disebabkan oleh demam berdarah. Karena jika mimisan di ikuti dengan demam maka ini merupakan gejala dari demam berdarah, jadi perhatikanlah dengan seksama.

Tapi jika setiap kali demam anda atau anak anda mengalami mimisan, itu malah bukan merupakan hal yang berbahaya. Seperti apa yang dikatakan oleh dr. Kishore, "Tapi kalau setiap kali anak demam selalu mimisan, misalnya karena perubahan suhu, mungkin saja tidak terlalu berbahaya." dikutip dari kompas


Mimisan juga bisa karena Leukimia atau anemia plastik, hal ini akibat adanya pembekuan darah. Menurut dr. Kishore sendiri sangat sulit membedakan antara mimisan karena bawaan atau mimisan karena penyakit lain. Oleh karena itu anda harus berhati-hati jika mendapati anak yang bagian tubuhnya terbentur dan sering kali mengalami pendarahan. Mungkin ini merupakan indikasi adanya kelainan pembekuan darah. contohnya jika tangan atau kakinya terbentur selalu berwarna biru.

Jadi mulai sekarang perhatikanlah mimisan, apakah mimisan bawaan atau karena penyakit lain. Jangan anda anggap remeh jika perlu anda periksakan ke dokter.

1 comment:

  1. terima kasih gan atas informasinya
    saya khawatir karna teman saya mengidap penyakit mimisan
    salam kunjung gan

    ReplyDelete