Saturday, August 14, 2010

Menakjubkan, Kumpulan Plankton Terlihat Dari Luar Angkasa

Sekumpulan Plankton hampir seluas Irlandia terlihat dari luar angkasa, melalui Satelit Badan Antariksa Eropa (ESA).


Foto yang diabadikan oleh ESA ini, menunjukkan betapa banyaknya kumpulan plankton sehingga hampir menyamai besarnya wilayah Irlandia.

Menurut para Ilmuwan, foto kumpulan Plankton yang berwarna biru itu terlihat seperti sapuan kuas maestro pelukis Prancis, Claude Monet.


Gambar yang diabadikan bulan Mei lalu ini terekam oleh satelit Envisat yang jaraknya ratusan kilometer di atas Bumi. Warna biru yang terlihat oleh satelit tersebut terbentuk karena plankton mengeluarkan klorofil saat menyerap matahari.

Warna yang sangat mencolok itu akan menarik binatang-binatang laut untuk datang ke tempat tersebut. Para ahli mengatakan bahwa plankton sangat berperan penting dalam kesehatan Bumi. Karena mereka mampu menghilangkan karbondioksida di atmosfer.

Menurut laporan tahunan yang ditujukan pada pemerintah oleh  hampir 100 ilmuwan dari 40 organisasi Inggris terkemuka, ikan, termasuk plankton, bergerak menjauh ke utara, antara 50 km sampai 400 km selama 30 tahun terakhir. Penelitian menunjukkan jumlah fitoplankton di lapisan atas laut telah menurun tajam selama abad terakhir. Para ilmuwan yang menulis dalam jurnal Nature bulan lalu juga mengatakan penurunan itu diduga kuat terkait dengan peningkatan suhu air laut. Vivanews

0 comments:

Post a Comment