Wednesday, August 25, 2010

Efek Samping Obat Kimia dalam Jamu

Jamu harusnya merupakan produk yang alami yang bebas dari segala macam bahan kimia. Namun saat ini malah banyak jamu yang ditemui mengandung bahan kimia berbahaya. Sehingga hal ini menimbulkan efek samping pada penggemar Jamu. Untuk itu ada beberapa efek samping obat kimia dalam jamu.


Penggunaan bahan kimia berbahaya dalam produk jamu, haruslah diperhatikan oleh masyarakat memang biasanya produk jamu ini sangat manjur jika diminum, saya pun pernah membuktikan Jamu yang dilarang oleh BPOM ini. Tapi saat itu saya belum tahu apa efek samping dari bahan kimia yang ada di dalam jamu tersebut.

Baiklah daripada panjang lebar, berikut ini beberapa efek samping obat kimia dalam jamu berdasarkan sumber dari BPOM :

1. Sibutramin Hidroklorida, dapat meningkatkan tekanan darah, denyut jantung serta  sulit tidur. Obat ini berbahaya bagi pasien dengan riwayat penyakit arteri koroner, gagal janung kongestif, aritmia aau stroke.

2. Sildenafil Sitrat. Bahan ini dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, dispepsia, mual, nyeri perut, gangguan penglihatan, radang hidung, infrak miokard, nyeri dada, denyut jantung cepat dan kematian.

3. Siproheptadin. dapat menyebabkan mual, muntah, mulut kering, diare, anemia, leucopenia, agranulositosis, dan trombositopenia.

4. Fenilbutason, menyebabkan mual, muntah, ruam kulit, retensi cairan dan elektrolit, pendarahan lambung, nyeri lambung, hepatitis, gagal ginjal, anemia aplasik. dll

5. Asam Mefenamat, menyebabkan mengantuk, diare, ruam kulit, trombositopenia, anemia hemolitik dan kejang.

6. Prednison., menyebabkan gangguan pencernaan, osteoporosis, gangguan haid, ketergantungan psikis, depresi dan insomnia, gangguan penglihatan

7. Metrampiron, menyebabkan gangguan saluran cerna, telinga berdenging, pembentukan sel darah terhambat, gangguan ginjal, shock.

8. Teofilin, menyebabkan takikardi, aritmia, palpitasi, mual, gangguan saluran cerna, sakit kepala dan isomnia.

9. Parasetamol, penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan gangguan kerusakan hait.

0 comments:

Post a Comment