Saturday, August 28, 2010

Ini Dia, Dua Calon Pimpinan KPK Yang Diajukan Ke Presiden

Akhirnya dua nama yang dicalonkan menjadi pimpinan KPK di umumkan, Dua Calon Pimpinan KPK tersebut adalah Busyro Muqoddas dan Bambang Widjojanto. Kenapa mereka bisa terpilih?


Busyro Muqoddas dan Bambang Widjojanto bisa terpilih karena menurut Menteri Patrialis memiliki kemampuan, cara berpikir yang baik, konsisten, tidak takut menghadapi masalah besar, juga rekam jejaknya.

Menurut Todung Mulya Lubis, yang merupakan salah satu Anggota Panitia Seleksi, menyatakan bahwa dari rekam jejak mereka, Panitia menyakini integritas mereka, keduanya relatif sangat bersih, punya integritas dan tidak punya cacat yang bisa mengganggu jalannya kepemimpinan KPK.

Lalu Siapa sih kedua orang ini?

Bambang (51) adalah seorang pengacara, dia pernah memimpin Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia, dan merupakan pendiri Kontras (Komisi untuk orang hilang dan korban tindak kekerasan) bersama Munir. Dia memegang gelar master hukum dari University of London, Inggris pada tahun 1993.  Dia juga pernah diberi Rober F.Kennedy Human Right Awards karena dinilai konsisten membela hak-hak warga papua.

sedangkan Busyro (58) adalah seorang Ketua Komisi Yudisial (non aktif). Meraih gelar Magister hukumnya di UGM  dan pernah menjabat Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Salah satu dari mereka diharapkan mampu menjadi pimpinan KPK yang bisa memberantas koruptor-koruptor di Indonesia.  Salah satu dari mereka jika terpilih akan menjadi Pimpinan KPK dengan masa bakti empat tahun.

0 comments:

Post a Comment