Saturday, October 2, 2010

Kronologis Penyerangan Perkampungan Ahmadiyah

Ahmadiyah di Ciampea, Kabupaten Bogor di serang oleh massa, lalu apa sebenarnya penyebab penyerbuan atau penyerangan massa itu ke perkampungan Ahmadiyah? Ini dia kronologis Penyerangan Kampung Ahmadiyah.


Kronologis penyerangan Ahmadiyah ini dikutip dari Kompas yang saat itu salah satu wartawannya yaitu Fikria Hidayat sabtu dini hari berada di lokasi kejadian.

Jumat (1/10/10) Pukul 18.00 : Jemaah Ahmadiyah mendapat informasi bahwa pemukiman mereka akan diserang massa. Mereka berkumpul di dalam Masjid membahas isu ini.

Pukul 19.15 : Setelah Isya', datang sebanyak 25 orang, melempari rumah dan masjid jemaah Ahmadiyah, sambil berteriak "Allahu Akbar". Mereka berusaha memprovokasi jemaah Ahmadiyah. Namun warga Ahmadiyah memilih mengalah dan berkumpul di rumah ketua RW. Namun diluar, malah ada isu penusukan.

Pukul 20.30 : Datang massa gelombang kedua dengan jumlah yang lebih banyak. Mereka langsung membakar rumah, masjid, mobil dan sepeda motor. Aksi ini berlangsung sekitar 40 menit. Sementara itu Aparat keamanan belum bisa masuk karena terhadang oleh tembok massa, sedangkan jalan menuju kampung itu sangat sempit sekali. Setelah aparat keamanan berhasil menerobos masuk, massa berhasil digiring untuk bubar dan akhirnya situasi reda.

Pukul 21.30 : Warga Ahmadiyah kembali ke rumah masing-masing dan mereka memberanikan diri pulang karena dijaga ketat oleh aparat kepolisian dan TNI.

Menurut salah satu Jemaah Ahmadiyah, Mubariq, mengatakan jemaah Ahmadiyah tidak melakukan perlawanan. Mereka berharap pemerinah membantu memberikan solusi dengan jalan dialog. menurutnya Hubungan jemaah Ahmadiyah dengan masyarakat sekitar baik-baik saja. isu tentang warga Ahmadiyah yang melakukan penusukan terhadap warga lain, ia tidak tahu siapa pelaku dan korban penusukan.

Kemungkinan besar, Mubarig memperkirakan persoalan rencana merenovasi masjid ahmadiyah adalah penyebab tindakan anarkis massa anti Ahmadiyah.

0 comments:

Post a Comment