Wednesday, October 6, 2010

Ini Dia Orang di Balik Gugatan Penangkapan SBY

Republik Maluku Selatan (RMS) kembali mencuat setelah Presiden SBY membatalkan kunjungannya ke Belanda. Mereka berusaha menuntut SBY agar di tahan atas dasar kejahatan HAM. Lalu siapa orang dibalik RMS tersebut? Ini dia orang dibalik gugatan Penangkapan SBY.


Dia adalah John Wattilete, Pria bernama lengkap Johannes Gerardus Wattilete lahir pada tahun 1955 di Belanda , berdarah campuran dari ayah berasal dari Maluku Selatan dan Ibunya orang belanda.

Pada 1983 ia lulus dari Kahtolieke Universiteit Nijmegan. Sehari-hari ia bekerja sebagai advokat di firma hukumnya, Wattilete Advocaten di Amsterdam.

Ia mulai bergabung dengan RMS pada tahun 1993, menjabat sebagai eksekutif. Posisinya semakin menanjak sejtak tahun 1995 ia mengelola pos dalam kabinet urusan Umum RMS.

Pada tahun 1999 ia sempat pergi ke Indonesia, bahkan dua kali. Ia pergi sebagai delegasi RMS bersama pedeta Otto Matulessy. Pada 18 Oktober, mereka bertemu dengan Presiden Habibie. Dia juga sempat bertemu dengan Presiden Abdurrahman Wahid pada 16 Desember. Pertemuan itu terkait konflik Islam dan Kristen di Maluku.

Pada April 2003 dia menggantikan Pieter Thenu sebagai perdana menteri merangkap wakil Presiden RMS. Baru pada tahun 2009 dia menggantikan Frans Tutuhatunewa sebagai Presiden RMS. Vivanews

0 comments:

Post a Comment