Friday, October 22, 2010

Keren... Kecil-Kecil Sudah Jago Bikin Software

Betapa bangganya orang tua yang memiliki anak seperti dia, bagaimana tidak anak ini kecil-kecil sudah jago bikin software. Kedua kakak beradik ini Fahma Waluya (12) dan adiknya Hania Pracika (6) berhasil memenangkan lomba software APICTA International 2010 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Memang sebenarnya ini tergolong unik, disaat anak-anak lain suka bermain game, tapi fahma malah suka membuat game. Keahlian Fahma di dapat dari kesukaannya membuat animasi. Dimulai pada kelas 4, dia sudah pandai membuat presentasi dengan power point.


Lalu dia mengenal yang namanya Adobe Flash, dengan software ini dia berhasil membuaqt beberapa software edukasi anak-anak. Software pertamanya yang diberi nama Bahana untuk memperkenalkan, warna, angka dan huruf.

Dalam dua tahun kemudian, ia sudah menghasilkan beberapa software berbasis Flash. Berikut ini software hasil kreasi Fahma :

  • ENRICH (English For Children) untuk belajar Bahasa Inggris
  • MANTAP (Math for Children)
  • Doa Anak Muslim (Prayers for Chldren)
  • Asmaul Husna dan masih banyak lagi

Yang bikin unik adalah ide pembuatan softaware ini berasal dari kebutuhan belajar adiknya. Hania sekarang masih duduk di TK, dan dia sangat suka bermain ponsel terutama milik ibunya.Kemudian Fahma ditantang ayahnya untuk membuat sebuah software di ponsel ibunya agar adiknya bisa bermain sambil belajar.

Keterlibatan Hania tidak hanya dalam ide saja, tapi juga merekam suara yang dibutuhkan untuk melengkapi aplikasi tersebut.

Keberhasilan kedua kakak beradik ini tidak didapat begitu saja, hal ini karena bimbingan kedua orang tua mereka. Dr Yusep Rosmanyah yang merupakan seorang dosen dan peneliti ITB dan Yusi Elsiano, seorang praktisi perkembangan anak. Peran keduanya terlihat ketika memberi kesempatan kepada fahma untuk kursus Adobe Flash.

 Di ajang APICTA tersebut game yang berhasil menyabet gelar adalah My Mom phone as my sisters tutor. Saat ini software ini masih dikembangkan agar lebih baik lagi. Jika anda penasaran dengan software ini anda bisa mendownloadnya melalui www.perkembangananak.com. Situs ini dikelola oleh ibunya disamping itu nokia juga menyediakannya secara gratis.

Saat ini Fahma tengah memperdalam keterampilannya dalam pemograman terutama dia memperdalam software untuk aplikasi tiga dimensi dan juga pemograman C++. Dia berharap aplikasi-aplikasinya akan menjadi lebih baik.

0 comments:

Post a Comment