Tuesday, April 20, 2010

Ini Dia Surat Termahal Seharga Rp. 760 Jt

Percayakah anda hanya selembar kertas surat bisa berharga sampai Rp. 760 juta? Percaya tidak percaya yang jelas ini memang ada. Surat usang ini di tulis oleh Adolphe Saalfeld ditujukan untuk istrinya, Gertrude, yang saat itu sedang berada di rumahnya, Inggris. Kenapa sampai semahal itu, surat itu kan sudah sangat usang?

Surat ini sebenarnya tidak akan berharga mahal seandainya tidak dikaitkan dengan sejarah tenggelamnya kapal Titanic. Adolphe Saalfeld adalah pria kelahiran Jerman yang merupakan penumpang kelas satu di kapal megah itu, dia melakukan perjalanan ke New York untuk menjual konsentrat parfum.


Catatan yang ditulisnya itu menggambarkan secara ringkas mengenai perjalanan pertama kalinya Titanic, yang tenggelam pada 15 April 1912, dengan total korban jiwa 1.517 setelah menghantam gunung es.

Surat yang usang ini ditulis 5 hari sebelum terjadinya kecelakaan, isi surat ini mengenai bagaimana keadaan diatas kapal, melalui pandangan mata penumpang kelas satu, dari mulai makanan, luas kabin dan juga dekorasi.

Saat terjadinya kecelakaan itu Saalfeld berada di ruang merokok dan berhasil menyelamatkan diri dari tenggelamnya kapal, ia berhasil naik ke kapal penyelamat no.3. dan dia menulis bahwa masih tersisa cukup waktu untuk menyelamatkan semua orang seandainya masih ada kapal penyelamat.

Saalfeld kini telah meninggal dunia pada tahun 1926 di Kew Gardens dan dimakamkan di Pemakaman Golders.

0 comments:

Post a Comment