Tuesday, April 6, 2010

6 Penyebab Emosi Anda meledak-ledak

Pernahkan anda merasa emosi sampai meledak-ledak hanya karena masalah sepele, mungkin 6 hal ini penyebabnya.

Seperti yang dikutip di eHow, senin (5.4/2010) ada beberapa hal yang memicu orang  mudah sekali marah, yaitu :



1. Stress

Stress adalah penyebab paling umum orang mudah sekali marah, hal ini mungkin disebabkan lingkungan. Untuk mengatasinya seseorang harus terlebih dahulu mengetahui apa penyebab dari stress itu. Kemudian baru berfikir netral dan berusaha untuk mengendalikan emosi agar tidak mempengaruhi penilaiannya.

2. Kurang Tidur

Seseorang yang memiliki jam tidur yang sedikit akan mudah sekali tersulut sekali emosinya. Hal ini dikarenakan orang yang kurang tidur akan mudah sekali kelelahan dan capek sehingga akan menimbulkan emosi.

3. Kondisi Medis

Orang yang sedang dalam keadaan sakit seperti flu, akan mudah sekali tersulut emosinya.

4. Masalah emosional

Segala masalah yang terkait dengan emosional bisa memicu seseorang untuk marah. Untuk mengatasi bisa dilakukan dengan meditasi atau program pengontrol emosi.

5. Interaksi Obat.

Kalau seseorang minum beberapa obat ada kemungkinan menimbulkan emosi karena interaksi antara satu obat dengan yang lain dapat menyebabkan orang mudah tersinggung. bahkan ada obat yang jika bercampur dengan kafein dapat menyebabkan mudah marah. Untuk jika minum obat baca dulu komposisinya dan aturan minumnya.

6. Gen Didalam Tubuh

Menurut penelitian gen penyebab seseorang mudah marah adalah DARPP-32. Gen ini membuat orang mudah terprovokasi dan mudah marah.

0 comments:

Post a Comment