Tuesday, May 4, 2010

Serunya Debat Iran dan AS di Sidang PBB

Perselisihan yang terjadi antara Amerika Serikat dan Iran terus berlanjut. Kali ini terjadi di Markas Besar PBB di New York saat Presiden Ahmadinejad dan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton saling melontarkan sindiran dan kecaman. Ajang ini juga diramaikan dengan aksi Walk-out.

Perdebatan antara keduanya berlangsung saat PBB menggelar pembukaan konfrensi internasional yang membahas Traktat Non-Proliferasi dan Perlucutan Senjata Nuklir (NPT) Senin 3 Mei 2010. Memang selama bertahun kedua belah pihak ini saling berselisih masalah Nuklir.


Perdebatan diawali pidato dari Ahmadinejad, Dia menampik tuduhan-tuduhan bahwa Iran telah melecehkan aturan NPT dengan tetap melakukan pengayaan uranium. Dan dia mengatakan bahwa pemerintah AS tidak memberikan satupun bukti nyata atas tuduhan tersebut.

Ahmadinejad justru menuduh Amerika lah yang menjadi ancaman besar bagi dunia karena masih memiliki senjata nuklir dalam jumlah besar.

Saat Ahmadinejad berpidato, delegasi AS melakukan aksi walk-out diikutii oleh Prancis dan Inggris. sedangkan negara-negara lain tetap duduk ditempat masing-masing.

Setelah Ahmadinejad turun dari podium, giliran Hillary Clinton berpidato, Clinton menuding Iran telah melecehkan aturan NPT dengan tetap melakukan pengayaan uranium. Clinton juga mengatakan bahwa sudah saatnya komunitas internasional menanggapi dengan tegas. Dia mengajukan usul supaya NPT diperkuat dengan memasukkan penalti otomatis atas kegagalan negara anggota memenuhi peraturan dan bukan hanya tergantung pada negosiasi dewan.(Vivanews)

0 comments:

Post a Comment