Saturday, May 15, 2010

Puntung Rokok Ternyata Bisa Mencegah Karat

Puntung Rokok yang anda buang setiap hari ternyata bisa digunakan untuk mencegah korosi besi atau pipa besi.

Penemuan pencegahan korosi atau karat terhadap besi yang menggunakan puntung rokok ini ditemukan oleh sejumlah Ilmuwan China.

Lalu bagaimana puntung rokok bisa mencegah karat? begini prosesnya, para peneliti dibarat laut mengatakan, mereka menemukan bahwa puntung rokok yang direndam dalam air bisa mencegah korosi pada sejenis besi yang biasanya digunakan dalam industri minyak.


Menurut Zhao, seorang mahasiswa program Ph.D. di Xi'an Jiaotong University, yang merupakan salah satu peneliti, dirinya memulai penelitian setelah menyadari bahwa puntung rokok berubah menjadi kecoklatan ketika terendam air, mirip warna antiseptik. "Ini menjadi inspirasi bagi saya untuk bertanya apakah ada keterkaitan antara keduanya." ujarnya

Selanjutnya Zhao dan peneliti lainnya mengumpulkan puntung rokok untuk diteliti selama 18 bulan dan usaha mereka tidak sia-sia, akhirnya mereka menemukan bahwa Ekstrak dari air hasil rendaman puntung rokok tersebut secara substansial bisa melindungi besi tipe N80 dari proses korosi saat sedang berada dalam cairan asam hidroklorida pada suhu 90 derajat celcius.

Tipe besi tersebut sering digunakan untuk membuat batang bor, yang menyedot jutaan dolar dari produsen minyak bila besi tersebut berkarat.

Menurut salah satu Konsultan Kimia di Baltimorem Maryland Guy D Davis yang telah bergelut dalam penelitian tentang kegunaan tembakau mengatakan bahwa penemuan ini merupakan hal yang sangat menyakinkan. "Tembakau sepertinya merupakan tumbuhan terbaik penghambat korosi," Ujarnya.

0 comments:

Post a Comment