Monday, May 31, 2010

Makam Berusia 3.300 Tahun Ditemukan

Sebuah Makam yang diyakini sebagai Ptahmes, Walikota Memphis, panglima perang dan penasehat Ramses II ditemukan. Makam ini pernah hilang tertimbun pasir gurun sejak para pemburu harta karun di abad 19 melucuti sejumlah panel dekorasi temboknya.

Makam yang ditemukan pada awal tahun ini tepatnya di area nekropolis atau komplek pemakaman kuno di Sanqqara, selatan Kairo. Penemuan ini menjawab teka-teki sejak 1885, ketika sejumlah ekspedisi asing mencuri sejumlah bagian dari makam itu.


Makam ini ditemukan oleh sebuah tim dari Departemen Arkeologi Universitas Kairo dalam sebuah operasi penggalian di wilayah iu yang dimulai tahun 2005.

Tapi sayangnya ruangan dalam dari makam besar bergaya seperti kuil itu tidak ditemukan dan Mumi Ptahmes juga tidak ditemukan.

Di sisi altar dan ruangan lain yang mereka berhasil temukan, para arkeolog menemukan sebuah tembok yang memperlihatkan ukiran gambar orang sedang memancing dari sejumlah perahu yang dibuat dari daun papirus. Juga ditemukan berbagai jimat dan arca. sumber :Vivanews

0 comments:

Post a Comment