Tuesday, May 25, 2010

Singkong sebagai Bahan Bakar Mobil, Bisa Gak Ya?

Kompas.com
Ini dia alternatif energi baru, energi ini mungkin tidak anda perkirakan karena itu ada sekitar anda dan mungkin juga sering anda makan.

Energi ini timbul dari SINGKONG. Singkong ini ternyata memiliki energi yang mampu menggerakkan mobil.

Menurut Kepada Bidang Ekonomi Komite Nasional Masyarakat Indonesia (KNMI) Endy PriyatnaSeperti dikutip dari Kompas mengatakan, "Singkong bisa diolah menjadi macam-macam, termasuk etanol yang bisa diperbaharui sehingga ramah lingkungan,"


Anda pasti penasaran bagaimana singkong ini bisa memproduksi etanol, Tahap pertama adalah proses pengupasan dan penggilingan singkong, penyaringan, hingga pengadukan. Kemudian bubur hasil penggilingan tersebut ditambahkan enzim, lalu dimasukkan ke dalam tangki penukar panas.

Kemudian dimasukkan ke dalam proses fermentasi menggunakan ragi roti. Langkah terakhir hasil fermentasi tersebut dimasukkan ke tabung destilasi hingga akhirnya menghasilkan bioetanol. Bioetanol ini kemudian dinamakan biopremium yang nantinya menjadi penggerak mesin kendaraan bermotor.

Tapi sayangnya untuk menggerakkan kendaraan dengan bioetanol ini harus menggunakan alat khusus yang dinamakan Converter. Alat ini nantinya akan diletakkan pada filter bahan bakar sampai ke mesin.

Rencananya nanti alat ini akan dijual dengan harga Rp. 120.000, harga yang cukup terjangkau untuk masyarakat kelas menengah.

Singkong sebagai alternatif bahan bakar ini sebenarnya merupakan temuan dari S Adibrata yang kemudian dibantu proses produksinya oleh KNMI. Penelitian yang mereka lakukan berjalan selama empta tahun dan telah diuji coba ke 1.200 kendaraan motor dan hasilnya sangat memuaskan.

0 comments:

Post a Comment