Sunday, March 28, 2010

Tips Mengelola Keuangan Keluarga

Dalam menjalani kehidupan keluarga ada hal-hal yang harus diperhatikan oleh suami istri yaitu masalah keuangan. Keuangan dalam keluarga tidak boleh disepelekan, karena tanpa pengendalian keuangan yang baik maka akan timbul banyak masalah seperti pertengkaran suami istri.

Untuk itu anda harus mengetahui tips apa yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan keuangan keluarga, berikut ini tips mengelola keuangan keluarga yang diberikan oleh penasehat keuangan Aidil Akbar Madjid :



1. Pengendalian Utang

Sebisa mungkin utang yang Anda miliki hanya sebesar 30% dari penghasilan rutin.

2. Nilai Kekayaan Bersih

Nilai kekayaan Bersih harus bernilai postif cara menghitungnya jumlah aset dikurangi dengan utang. Aset merupakan barang yang anda beli yang bisa di jual kembali beberapa tahun kemudian dan nilai barang ini masih diatas 50 persen dari harga semula.

3. Alur kas

Alur kas tidak hanya untuk perusahaan dalam keluargapun dibutuhkan Alur Kas. Cara menghitung dengan mengurangi penghasilan dengan pengeluaran. Kalau hasil yang didapat ternyata negatif Anda harus mencari penyebabnya, tapi jika ternyata Anda benar-benar tidak bisa mengendalikan pengeluaran maka yang salah adalah penghasilan Anda. Maka anda harus mencari penghasilan alternatif untuk menutupi pengeluaran.

4. Dana Darurat.

Dana darurat sangat diperlukan, karena kita tidak tahu kebutuhan mendadak yang akan menghampiri kita. contohnya tiba-tiba anak sakit, mendapat undangan nikah teman.

Anda juga tidak boleh berinvestasi jangka panjang jika anda belum memiliki simpanan uang sedikitnya satu sampai tiga bulan tabungan dana darurat.

5. Asuransi

Asuransi juga memegang peran penting terutama asuransi kesehatan, karena kita tidak tahu kapan akan sakit dan kesehatan itu harganya sangat mahal. seandainya di perusahaan anda belum ada asuransi ada baiknya anda ikut asuransi ditempat lain. sedangkan asuransi jiwa tidak terlalu di perlukan.

6. Investasi

Dana Investasi dianjurkan di pisahkan dengan kebutuhan keluarga. Untuk jangka pendek (lebih dari 1 tahun) dianjurkan berinvestasi melalui tabungan, deposito dan emas. Untuk investasi jangka panjang (lebih dari 5 tahun) dianjurkan anda berinvestasi di emas.

6 tips diatas seandainya dijalankan akan membuat keuangan keluarga anda lebih teratur dan anda bisa berinvestasi untuk menambah penghasilan keluarga anda. ok selamat mencoba

sumber : Okezone.com

0 comments:

Post a Comment