Tuesday, March 16, 2010

Rahasia Senyum Mona Lisa "Ternyata Hanya Sebuah Trik"

Lukisan milik Leonardo Da Vinci dinilai hanya sebuah trik, menurut analisa seorang ahli neorologi asal Austria, pipi Mona Lisa tampak bergeser. Namun sebetulnya senyuman Mona Lisa itu hanya sebuah trik dan tergantung orang memfokuskan pandangannya.

Kata Professor Florian Hutzler "Jika Anda tatap matanya seakan-akan muncul senyuman di bibirnya, tetapi sejatinya jika anda tatap bibirnya maka senyuman itu akan menghilang".

Lebih lanjut lagi Professor ini mengatakan bahwa Leonardo da Vinci memiliki kemampuan yang luar biasa karena mampu mengelabui penikmatnya.



Sementara itu menurut Studi baru yang dipublikasikan dalam jurnal Psycological science, Leonardo mampu menyuguhkan ilusi menggunakan teknik "sfumato" yaitu teknik dimana sapuan cat berlapis dan menimpa lapisan-lapisan cat lainnya untuk menciptakan shading yang halus.

Seorang ahli Psikologi di University of British Columbia, Profesor Stephen Porter mengatakan, studi tentang lukisan Mona Lisa memang melahirkan banyak sekali pengertian bagaimana melukiskan sebuah ekspresi pada wajah Mona Lisa.

"Yang penting dari studi brilian ini adalah bahwa orang-orang yang menangkap gambarnya, dan terpengaruh olehnya, menciptakan wajah lain baru pada tingkat bawah sadar. inilah yang disebut sebuah karya ilusi,
" Ujar Porter.

Sumber. VIVAnews.com

0 comments:

Post a Comment