Wednesday, March 31, 2010

Dari Mana Asal Nama GOOGLE dan YAHOO

Apakah anda sering menggunakan Google dan Yahoo? sudahkah anda tahu apa arti dari Google dan Yahoo itu, siapa pembuatnya? Kalau ditanya seperti itu pasti banyak yang tidak bisa menjawab. Karena kebanyakan orang menggunakan Google dan Yahoo tidak peduli apa artinya dan siapa yang membuatnya.
Untuk sekedar pengetahuannya saja akan saya jelaskan kedua Mesin pencari tersebut, setidaknya jika ditanya teman atau adik, Anda sudah tahu semuanya.


1. Google

Google pertama kali dibuat oleh dua orang mahasiswa yang droupout dari program Phd di Stanford. Mereka adalah Larry Page dan Sergey Brin, mereka awalnya menamakan mesin pencari ini dengan nama "GOOGLO". Jadi nama mesin pencari ini tidak langsung menggunakan nama Google, lalu artinya apa? Googlo dirujuk dari bilangan 10 pangkat 100 yang menyimbolkan proyek algoritma dari website mereka, sebagai sebuah proyek yang melibatkan data yang masif.

Tapi kenapa bisa namanya bisa berubah menjadi Google? begini ceritanya, berubahan ini berawal ketika Larry page dan Sergey Brin mencari Investor unuk mengembangkan website mereka ini. Lalu mereka bertemu seorang Investor yang merupakan pendiri dari Sun yaitu Andy Bechtolseim. Oleh Andy Bechtolseim ini nama Googlo diubah menjadi Google, pengubahan nama ini semata-mata hanya agar lebih menjual

2. Yahoo 


Pendiri dari Yahoo ini juga berasal dari Stanford tapi bukan mahasiswa droupout. Mereka adalah Jerry Yang dan David Filo. Yahoo sebenarnya merupakan sebuah kependekan dari kata-kata "Yet Another Hierarchical Officious Oracle".

Tak diketahui apa maksud dari "Officious Oracle" ini, apa proyek oracle terdahulu yang sempat mereka kerjakan. Tapi yang jelas mereka berdua menyukai nama Yahoo dari kamus, maupun kisah fiksi besutan Jonathan Swift berjudul "Gulliver's  Trael", yang maknanya adalah "kasar atau tidak tahu adat".

Nama Google dan Yahoo yang mendunia berasal dari penjelasan diatas jadi seandainya anda ingin membuat website tentukan nama dengan benar, siapa tahu bisa menjadi seperti Google dan Yahoo.

0 comments:

Post a Comment