Tuesday, February 1, 2011

Keren... Jubah Tembus Pandang Segera Terwujud

Pasti anda pernah melihat film Harry Potter, Nah di film tersebut Harry memakai jubah yang tembus pandang. Ternyata sebentar lagi Jubah seperti itu akan ada di dunia nyata. Jubah tembus pandang ini akan membuat objek yang ditutupinya tak terlihat oleh mata.

Jubah tembus pandang ini memang belum sempurna tapi dibandingkan dengan jubah-jubah sebelumnya, ini yang paling baik. Karena Jubah ini mampu menyembunyikan objek yang besar sedangkan yang lain hanya objek kecil saja.

Jubah ini dibuat dari dua potong kristal kalsit yang ditempelkan dengan aturan tertentu. Kalsit ini bersifat anisotropik yaitu sifat yang membuat cahaya yang datang akan diteruskan ke sudut yang berbeda dari cahaya yang masuk dari sisi lain. Dengan dua kalsit ini peneliti dapat membelokkan cahaya di sekitar objek padat yang diletakkan di antara kristal.

Menurut George Barbastathis dari MIT mengatakan, Di dalam kedua kristal kalsit tersebut ada celah berbentuk segitiga siku-siku, apapun yang anda letakkan di bawa celah ini tak akan tampak dari luar.

Sayangnya jubah ini masih mempunyai kekurangan yaitu hanya bekerja di cahaya hijau. Menurut para peneliti sengaja mendesain dengan warna hijau karena, selain kalsit hanya bisa dikonfigurasikan pada gelombang cahaya tertentu saja, mata manusia sangat sensitif terhadap warna hijau.

Tak hanya itu saja, efek menghilang pada jubah ini hanya tampak jelas dari sudut tertentu saja jika di lihat dari sudut lain objek tersebut terlihat.

Walaupun masih banyak kelemahan Barbastathis merasa percaya diri kalau timnya nanti benar-benar bisa membuat Jubah yang sempurna untuk menghilangkan objek dalam waktu dekat ini.

0 comments:

Post a Comment