Friday, February 25, 2011

Ini Dia Komputer Terkecil di Dunia

Para ilmuwan telah menciptakan komputer terkecil dunia. Komputer ini berskala milimeter yang memiliki prosesor, memori, baterai dan radio.

Komputer terkecil di dunia ini merupakan prototipe pengawasa tekanan bola mata. Komputer ini terkoneksi dengan komputer lain untuk membentuk jaringan sensor nirkabel seperti radio yang tidak membutuhkan sistem tuning dalam menemukan frekuensi yang tepat. Seperti dikutip dari inilah.com

 Menurut profesor teknik elektro dan ilmu komputer di University of Michigan, David Blaauw yang memproduksi komputer ini mengatakan, diharapkan komputer terkecil di dunia ini mampu melacak polusi, mengawasi integritas struktural dan melakukan pelacakan.

Sebagai prototipe komputer pengawas tekanan bola mata bagi pasien glukoma, komputer ini menggunakan arsitektur unik dengan mode tidur yang ekstrem sehingga mengkonsumsi sedikit daya.

Agar baterai komputer ini terus terisi, memerlukan 10 jam paparan cahaya dalam ruangan setiap hari atau 1.5 jam sinar matahari. Komputer paling kecil di dunia ini akan dipresentasikan pada International Solid-State Circuits Conference di San Francisco.

0 comments:

Post a Comment