Sunday, February 20, 2011

Ikan Aneh Ini Hidup di Limbah Beracun

Ikan aneh ini walaupun telah terkena limbah beracun tapi tetap masih hidup. Hal ini disebabkan Ikan ini  mampu berevolusi hingga mampu mengatasi bahan kimia berbahaya tersebut.

Ikan yang bernama Tomcod ini sebenarnya tampilannya sama dengan ikan cod biasa, yang beda hanya ukurannya yang lebih kecil. Ikan aneh ini hidup di Sungai Hudson dan sekitarnya.

Sungai Hudson sejak tahun 1947 sampai 1976 telah terkena limbah beracun yang di buang oleh perusahaan  General Electric. Di tahun 1980-an sekitar 95 persen ikan di kawasan tersebut ditemukan menderita tumor hati.

Tapi ketika para ilmuwan terus menerus meneliti, mereka menemukan ikan yang tahan terhadap limbah beracun yaitu ikan tomcod.

Ikan tomcod ini bisa tahan terhadap limbah beracun karena memiliki gen khusus. Secara teknis ikan tomcod bukanlah mutan.Hanya saja mereka ikan yang mampu berevolusi dengan lingkungannya sehingga mereka mampu bertahan hidup di bandingkan dengan ikan-ikan lain.

Tapi walaupun mereka berhasil bertahan hidup di sungai beracun ini, ikan tomcod telah kehilangan kemampuan untuk mengatasi gangguan alami seperti penurunan oksigen di air atau kenaikan temperatur air.

0 comments:

Post a Comment