Monday, March 14, 2011

Ini Dia Manfaat Kulit Pisang

Banyak yang tidak tahu kalau kulit pisang itu sangat bermanfaat bagi tubuh. Bahkan mereka menganggap kulit pisang sebagai sampah yang paling menyebalkan. Tapi sebenarnya kulit pisang itu mempunyai banyak manfaatnya. mau tahu?

Manfaat kulit pisang itu sangat banyak, selain untuk tubuh juga bisa digunakan untuk memurnikan air. Menurut sebuah penelitian di Jurnal Industrial & Engineering Chemistry Research, kulit pisang bisa menyaring logam berat terutama timbal (Pb) dan tembaga (Cu).

Caranya pun sangat mudah, anda tinggal cincang kulit pisang lalu masukkan ke dalam air yang tercemar. Cincangan kulit pisang ini bahkan bisa digunakan selama 11 kali tampa kehilangan kemampuan memurnikan air.

Berikut ini beberapa manfaat kulit pisang bagi kehidupan sehari-hari anda dikutip dari detik.com
1. Meredakan nyeri
Kulit pisang mengandung minyak nabati yang berkhasiat sebagai pereda nyeri. Caranya tempelkan kulit pisang yang bersih dan masih segar untuk mengurai rasa nyeri pada luka bakar atau tergores.

2. Mengatasi Gatal
Cara cukup mudah, tempelkan saja di permukaan kulit yang terasa gatal,

3. Mengobati kutil
Apakah anda punya kutil? Jika sulit menghilangkannya anda bisa mencoba kulit pisang ini caranya tempelkan kulit pisang lalu di tahan dengan plester dan dibiarkan hingga sembuh dengan sendirinya.

4. Mempercepat kesembuhan luka
Luka yang sudah kering kadang terasa gatal karena tertutup serpihan kulit mati yang mengeras. Nah untuk menghilangkan lebih cepat cukup dengan mengoleskan kulit pisang. 

5. Menyuburkan tanah
Kulit pisang ini bisa langsung ditimbun begitu saja ke dalam tanah untuk menyuburkan tanaman disekitarnya. Kulit pisang ini mengandung potassium yang sangat dibutuhkan tanaman.

6. Mengkilapkan tanaman hias
Bagi yang sangat suka tanaman hias hal ini boleh dicoba, gunakan sisi dalam kulit pisang yang teksturnya lunak  untuk memolesnya maka daun tanaman hias yang anda miliki akan mengkilap dan lebih tahan lama.

7. Mengkilapkan sepatu
Pasti hal ini tidak anda sangka, ternyata kulit pisang bisa mengkilapkan sepatu. caranya pun gampang, cukup diolehkan ke sepatu maka sepatu akan mengkilap seperti habis disemir.



0 comments:

Post a Comment