Wednesday, December 15, 2010

Strategi Mengatasi Kebotakan Rambut


Kebotakan merupakan hal yang ditakuti oleh pria, sehingga banyak yang berusaha untuk merawat rambut dengan sangat sungguh-sungguh. Tapi anda jangan khawatir karena kebotakan merupakan bawaan, jadi jika tidak ada silsilah keluarga anda yang botak, anda tidak mungkin kena.

Lalu bagaimana jika sudah mengalami kebotakan, adakah strategi untuk mengatasi kebotakan tersebut? Bertahun-tahun sejumlah strategi telah digunakan untuk membantu pria yang mengalami kebotakan, dengan berbagai tingkat keberhasilan. Berikut ini strategi mengatasi kebotakan rambut pada pria.

1. Rambut Palsu (Wig)
Ini hal yang paling mudah dan tidak beresiko, karena anda tinggal tempelkan saja, paling resikonya jika kulit kepala sensitif

2. Menganyam rambut (hair weaving)
Ini adalah tindakan non bedah yang menambah rambut pengganti pada rambut yang telah ada untuk menutupi daerah yang botak. Rambut baru dijalin helai demi helai pada tepi rambut. Tapi menganyam rambut ini memerlukan perawatan yang ekstra.

3. Menanam Rambut
Menanam rambut ini dengan cara, pelekatan rambut ke kulit kepala dalam bentuk benang bedah yang ditanam di daerah yang botak. Rambut yang ditanam biasanya adalah rambut sintetik sehingga anda tidak boleh menggunakan pengering rambut.

4. Transplantasi Rambut
Untuk transplantasi rambut diperlukan tindakan bedah. Transplantasi ini pada umumnya mengganti rambut secara permanen tapi hasilnya memang tak seperti rambut asli pada umumnya. Ketika melakukan transplantasi beberapa ikat rambt dipotong dari sisa rambut yang sehat di sisi dan dibelakang kepala di tanam di daerah yang botak.

Transplantasi ini sangat merepotkan karena harus dilakukan secara berulang-ulang sampai semua botak tertutup rambit.

5. Obat
Pada sebuah penelitian tentang obat pengontrol tekanan darah tinggi, ditemukan bahwa minoksidil meningkatkan pertumbuhan rambut. Obat ini harus dioleskan di kulit kepala dua kali sehari sekurang-kurangnya empat bulan agar terlihat efeknya. pengobatan ini harus dilanjutkan atau anda akan kehilangan kembali rambut anda.

Obat kedua yang dianjurkan Finasterid, yang digunakan untuk terapi pembesaran kelenjar prostat jinak, telah dimanfaatkan untuk mengurangi kebotakan pria dengan mengurangi efek enzim alfa reduktase yang diperkirakan akan menimbulkan kebotakan.

Sumber : Okezone

0 comments:

Post a Comment